Sabtu, 31 Maret 2012

Sudah Fix 25.822 Peserta Pra UN Tingkat SMA, yang Aman Baru 30 Persen

BALIKPAPAN – Sudah siapkah para siswa menghadapi ujian nasional (UN) yang akan berlangsung dalam waktu dekat? Hasil pra UN untuk SMA yang dilaksanakan bulan lalu, 60 persennya masuk “zona merah”.  Kepala Disdik Syahrumsyah Setia menyebut, berdasar laporan, hanya 30 persen yang masuk kategori aman dari standar kelulusan. Disebutkan, yang memenuhi standar itu telah melebihi minimal nilai kelulusan sebesar 5,5.

“Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu,” kata Syahrumsyah. Peserta UN dinyatakan lulus apabila nilai rata-rata nilai akhir (NA) paling rendah 5,5 dan NA tiap mata pelajaran paling rendah 4,0. Selain itu, penggabungan nilai UN dan nilai sekolah yang meliputi ujian sekolah dan nilai rapor. “Formulanya 60 persen hasil UN dan 40 persen hasil nilai ujian masing-masing sekolah. Pihak sekolah yang merekap dengan mata pelajaran lain, dan yang menentukan kelulusan tetap satuan pendidikan, “ungkapnya.
Mengenai distribusi soal UN, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk pengamanan dalam proses distribusi, pengecekan dan penjagaan.
Diketahui, Disdik juga sudah memverifikasi siswa-siswi kelas VI, IX, dan XII yang akan ikut sebagai peserta ujian nasional (UN) tahun ini. Hasilnya, ada 25.822 calon peserta UN di semua jenjang yang akan diawali jenjang SMA/SMK sederajat April nanti.  Ketua UN Balikpapan Pratitis menyebutkan, jumlah yang ada tidak termasuk sekolah yang tidak bisa mengikuti UN. Sebab, data keikutsertaan  diambil dari sekolah masing-masing. Kalau ada yang tidak bisa mengikuti UN, baru bisa diketahui setelah pelaksanaan berlangsung.
Calon peserta UN yang terdaftar tidak  jauh berbeda dari perkiraan peserta UN bulan lalu, yakni, sebanyak 25.822 peserta. Murid SD paling banyak, yakni 10.249 peserta.
Diketahui, untuk jadwal, SMA/SMK sederajat akan mengawalinya pada 16-19 April. Disusul SMP pada 23-26 April dan SD pada 7-9 Mei. “Kami terus menyiapkan sarana dan prasarananya,” ujar Titis.
Saat ini,  masih berjalan pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS). Tingkat SMP/sederajat sudah digelar sejak 26 Maret dan akan berakhir 31 Maret hari ini. Sedangkan SD, baru akan menggelar  UAS pada 2-5 April. Dan jenjang SMA/SMK sederajat sudah selesai pekan lalu. Sesuai Permendikbud No 59 tahun 2011 tentang UN 2012, POS UN dan Materi Sosialisasi UN 2012, hasil UAS itu akan dipegang Disdik. “Saat ini masih dalam proses,” sebut Titis.  (*/lim/adm/k1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Mba Yayuk

SAMBAL GORENG TOMAT Bahan : ü   3 sendok makan minyak untuk menumis ü    6 siung bawang merah, diiris tipis ü   5 buah cabai...